Wednesday, August 6, 2014

Berbagai Macam Kasiat Serai Sebagai Obat Herbal

halo sobat blogger siapa yang tak kenal dengan serai. Serai atau disebut dengan Sereh sudah sangat familiar karena menjadi salah satu bahan penting yang dipergunakan dalam masak memasak didapur Serai atau Sereh ini biasanya difungsikan untuk memberi aroma pada makanan dan sebagai bahan penyedap, namun tahukah anda ternyata di balik itu semua serai mempunyai manfaat baik untuk kesehatan salah satunya serai ini dapat dijadikan sebagai obat herbal

Serai dalam bahasa latinnya disebut dengan Andropogon nardus kandungan daun serai mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Serai adalah salah satu jenis rempah-rempah yang digolongan jenis rumput-rumputan yang selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman obat Herbal.


Akar Sereh
Akar sereh dapat digunakan untuk mengobati masuk angin, perut kembung, dan menghangatkan tubuh. Caranya, ambil akar sereh secukupnya lalu cuci bersih. Rebus menggunakan air sebanyak tiga gelas, tunggu sampai airnya menyusut menjadi segelas. Air rebusan akar sereh tersebut disaring dan buang sisa akar yang tersaring. Air rebusan yang sudah disaring bisa langsung diminum atau digunakan untuk campuran teh hangat. Ramuan ini dapat membantu meringankan masuk angin, perut kembung dan menghangatkan tubuh.

Batang Sereh
Batang sereh dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka. Caranya, buang akar dan daun dari batang sereh. Setelah itu belah batang sereh, atau jika batang terlalu kecil dapat ditumbuk halus. Saat menumbuk usahakan agar cairan batang sereh tidak terbuang. Atau jika tumbukan batang sereh tidak berair dapat ditambahkan air putih sebanyak satu sendok makan. Setelah halus tempelkan hasil tumbukan pada luka. biarkan luka hanya tertutup tumbukan batang sereh tersebut tanpa ditutup atau dibalut dengan kain atau perban. Setelah ditempel darah akan berhenti mengalir dan luka akan cepat kering.

Daun Sereh
Daun sereh dapat digunakan untuk campuran minyak untuk mengurut keseleo dan badan pegal. Caranya, panggang daun sereh secukupnya, daun sereh tersebut dipanggang dengan api kecil saja. Tunggu sampai warnanya berubah menjadi layu kuning. Setelah daunya layu dan berubah warna matikan api, lalu tumbuk daunya sampai halus lalu campurkan dengan minyak minyak kelapa. Pijatkan minyak campuran daun sereh tadi pada bagian tubuh yang keseleo, pegal atau kram.

Berikut beberapa Manfaat Serai untuk Kesehatan seperti yang saya kutip dari salah satu situs antara lain:

Kesehatan Wanita
Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual. Dengan banyaknya fungsi Serai ini, diharapkan bisa memperluas penggunaan Serai sebagai herbal, bukan hanya dijadikan sebagai bumbu masakan.

Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf
Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

Mengobati Infeksi Kulit
Kadungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri Penelitian menunjukkan, serai memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dapat juga meredakan bau badan.

Mencegah Penyakit Kanker
Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan untuk mencegah penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Mengobati Gangguan Pencernaan
Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, diare.

Menurunkan Tekanan Darah
Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah serta merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.

Detoksifikasi
Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

Analgesik
Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lain-lain.

Diuretik
Serai juga diketahui berkhasit sebagai diuretik, pereda kejang dan antirematik. Salah satu resep sederhana pemanfaatan serai adalah dengan cara merebusnya untuk membantu mengatasi gejala batuk. Sebanyak 5 gram akar serai dicuci, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Lalu minumlah air rebusan serai tersebut dua kali sehari masing-masing seper dua gelas pagi dan sore.

Memperindah Kulit
Penggunaan daun Serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.

Untuk Campuran Minum Teh
Ambil satu atau dua batang sereh digeprek atau di pipihkan bagian bonggolnya lalu gunakan untuk mengaduk teh. Aroma dari Sereh dapat membuat kita menjadi rilek dan rasa teh menjadi lebih nikmat.

Sekian postingan tentang Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan, semoga membuka wawasan kita tentang obat herbal Indonesia.

Semoga dapat bermanfaat, Wassalam. dirangkum dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment